4 Investasi ini Perlu Diajarkan Kepada Anak

Manusia tidak akan terlepas dari kebutuhan terutama kebutuhan ekonomi. Selama manusia hidup selama itupula ia selalu membutuhkan berbagai kebutuhan tidak hanya orang tua, anak kecilpun memerlukan kebutuhan guna melangsungkan hidupnya meskipun saat ini kebutuhannya dipenuhi oleh orang tuanya. Maka dalam hal ini perlulah kita mengajarkan bagaimana berinvestasi. Investasi pada anak tentu berbeda dengan investasi yang diterapkan pada umumnya.
investasi anak

Investasi adalah suatu nilai yang akan terasa hasilnya setelah beberapa tahu ke depan. Investasi tidak akan didapatkan dengan instan, tetapi butuh waktu dan proses sehingga akan menjadikan sebuah keuntungan. Baiklan untuk kali ini bibisnis akan membahas tentang investasi yan perlu diajarkan kepada anak kita.

1.    Menabung

Aktivitas menabung merupakan suatu investasi yang cocok untuk anak. Ajarkanlah anak untuk selalu hemat dengan menabung. Cara invesatasi ini adalah cara anak agar selalu mempunyai impian dan strategi untuk masa yang akan datang. Orang tua bisa memberikan spirit untuk pentingnya menabung. Orang tua disini bisa diposisikan menjadi sales bank. Misalnya: Nak, jika kamu menabung 1000 perhari maka saat kenaikan kelas nanti uang itu akan ibu belikan untuk sepeda kesuakaanmu. Kamu bisa memilih jenis dan sepeda yang paling suka”. Motivasi itu akan menjadikan anak secara perlahan memahami arti masa depan, arti hemat, arti mempunyai strategi untuk masa depan.

2.    Belajar

Jika kita menyuruh anak untuk belajar atau menghapal tentu akan membuat si anak menjadi muak. Maka cobalah memberikan sedikti motivasi dengan investasi yang akan didapatkan kelak jika ia belajar dengan sungguh-sungguh. Misalnya jika kamu menjadi juara kelas, maka ibu akan memasukkan ke sekolah pavorit kamu. Motivasi investasi itu jelas sangat bermanfaat bagi anak kelak, disamping ia mempunyai kebanggan tentunya ia akan mendapatkan masa depan yang sangat cerah, meskipun sekolah bukan jaminan masa depan yang cerah. Tetapi itu bisa menunjukkan ciri bahwa dengan bersekolah dan mempunyai nilai yang bagus maka itu, menjadi bukti bahwa anak tersebut mempunyai nilai yang tidak terhingga dalam dirinya.

3.    Kerja keras dan Jujur

Jika anak melihat orang tua yang bekerja membanting tulang untuk mengidupi keluarganya, maka biarkan ia melihat dan memahami persoalan yang ada. Biarkan anda menjadi model bahwa hidup itu harus dicapai dengan kerja keras. Berikan alasan yang tepat kepada anak apa dan manfaat apa yang akan diperoleh kelak jika kita hidup kerja keras guna mencapai cita-cita. Namun buka hanya kerja keras tetapi ia harus dibarengi dengan perilaku jujur agar apa yang ia kerjakan tidak menggambil jalan yang salah seperti menghalalkan berbagai macam cara guna mencapai yang diinginkan.

4.    Tanggung Jawab

Tanggung jawab adalah modal yang sangat baik untuk investasi pada diri anak. Ajarkan anak anda untuk selalu memiliki tanggung jawab atas apa yang telah ia kerjakan. Misalnya orang tua harus bisa menerapakan pentingnya menjaga peralatan sekolah atau buku-buku kepada anak. Namun ingat, dalam memberi pelajaran tentang tanggung jawab anda harus hati-hari jangan sampai ada suatu pemaksaan. Di sini orang tua harus bisa menjadikan segala tindak tanduk si anak adalah murni karena kefaahaman ia akan pentingnya tanggung jawab, bukan dari hasil pemaksaan orang tua.

Itulah invesatasi yang perlu diajarkan kepada anak agar kelak anak mempunyai cita-cita dan hasil yang sangat memuaskan di kemudian hari, karena secara tidak langsung anak itu sendiri adalah nilai investasi bagi orang tuanya. Orang tua yang berhasil mendidik anaknya maka ia akan mendapatkan kebahagiaan tatkala melihat anak kesayangannya hidup bahagia karena ilmu dan pengetahuan yang kita ajarkan kepadanya.

No comments:

Post a Comment