Siapkah menjadi Pioner Bisnis Pakaian Renang?

Siapkah menjadi pebisnis pioner Pakaian Renang? – Pakaian renang memang saat ini belum begitu membuming, tetapi ini memberi kesempatan untuk para pebisnis menjadi pionir di binis ini. Mengapa demikian? Jika anda tertarik dalam berbisnis pakaian renang, marilah kita cermati penomena perkembangan olahraga di tanah air ini dengan seksama.

Perkembangan olaharga renang dari tahun ke tahun selalu menunjukkan grafik yang meningkat, terutama di perkotaan. Lonjakan ini, bisa terlihat terutama di hari libur sekolah. Kita bisa melihat bagaimana anak-anak sampai orang tua memenuhi beberapa kolam renang. Di Bandung misalnya, terdapat beberapa kolam renang yang terkenal seperti di Sabuga, Cipaku, Setiabudi hingga Dago. Setiap hari Minggu tempat-tempat tersebut selalu ramai dikunjungi, entah untuk sekedar rekreasi air atau memang ingin serius dengan olahraga renang. Namun saya katakana bahwa semua itu sama saja baik untuk olahraga ataupun rekreasi, yakni bermain di dalam air. Saya katakana rekreasi, karena olahraga air sering identik dengan rekreasi atau hiburan air. Hal inilah yang mendorong fashion di bidang olahraga ini juga ikut bergerak. 

Pakaian renang semakin digemari bagi penghobi olahraga air ini. Memang bisnis pakaian renang tak sebanyak yang berbisnis pakaian pada umumnya, tetapi fenomena itu justru menjadi kesempatan bagi anda yang ingin menjadi pionir dalam bisnis pakaian renang. Untuk pakaian renang produk lokal, memang sudah ada yang membuat, tetapi tetap tak berbanding dengan branded luar negeri. Produk-produk tersebut memang sangat mahal, tetapi memang sebanding dengan kualitasnya. Alhasil di pasaran para pecinta olahraga renang, produk tersebut masih menjadi rajanya. 

Seiring dengan perkembangan zaman, kini saya menemukan produk lokal yang kualitasnya hampir sama dengan produk-produk terdahulunya, seperti yang saya wawancarai dengan Bapak Ridwan Purnama. Ia adalah salah seorang pemilik sekolah renang di kawasan Dago resort, Bandung. Menurutnya, pakaian renang saat ini merupakan trend yang mengalami peningkatan yang sangat positif, mengingat dari tahun ke tahun anak didiknya selalu bertambah, bahkan kini telah mencapai ratusan angota. Ia berkesimpulan bahwa jika pecinta olahraga renang terus mengalami peningkatan maka otomatis fashion renang juga akan meningkat. 

Bisnis pakaian renang, terutama bagi produk lokal memang masih sangat jarang, tetapi itu adalah kesempatan bagi para pebisnis muda untuk lebih peka, serta  cerdas menyambut kesempatan yang ada. Apabila Kita membuat produk dengan kualitas yang mampu bersaing, maka bukan hal yang tidak mungkin akan menjadi pionir di dalam bisnis ini.

Selain itu satu produk yang mungkin bakal menjadi buming adalah pakaian renang untuk muslimah. Produk luar biasanya memproduksi dengan standar renang, tetapi bagaimanapun kebutuhan pasar harus senantiasa bergerak mengikuti kultur dan budaya yang ada. Di Indonesia dengan mayoritas penduduk beragama Islam tentu kebutuhan akan pakaian renang muslim akan lebih besar daripada diluar negeri.

Ini adalah peluang sekaligus tantangan bagi para pebisnis yang akan berkecimpung dalam fashion renang. Apakah kita mampu  menangkap peluang ini menjadi kenyataan, marilah kita lihat beberapa tahun ke depan apakah ada produk pakaian renang muslimah yang bisa setara atau mungkin melibihi kualitas dari produk laur negeri. Semoga para pebisnis anak bangsa bisa menangkap peluang ini dan bangsa kita menjadi tuan di rumah sendiri, sekali lagi mari kita tunggu karya-karya lokal yang mampu bersaing.


No comments:

Post a Comment