Peluang Bisnis Plastik Kemasan

Hallo bibisnis …

Peluang Bisnis Plastik Kemasan –  Kebutuhan akan plastik semakin hari semakin bertambah. Lihatlah di berbagai sektor bisnis, plastik selalu ambil bagian, terutama dalam hal kemasan. Ya, bisa dibilang saat ini plastik menjadi rajanya kemasan. Dari mulai makanan hingga barang mewah selalu saja ada bagian plastik yang nempel (perangko kale hehe). Itulah bukti dari plastik si raja kemasan.



Maka fenomena tersebut tentu harus kita manfaatkan sebagai peluang dalam menjalankan bisnis. Dimana ada pemikiran dan peluang, disitu seharusnya menjadi inspirasi kita untuk tetap maju. Bisnis plastik kemasan merupakan peluang dari segudang peluang bisnis yang ada.

Mengapa plastik kemasan diperlukan?
Jawabannya hingga saat ini belum ada tandingan yang bisa mengalahkan nilai keefektifan dan murah dari bahan plastik.  Sebagai contoh, jika seorang pebisnis, menggunakan kemasan ada tiga pilihan yaitu: kertas, besi, daun dan plastik mana yang lebih efektif? Jawabannya pasti plastik. Plasitik selain murah dan efektif juga tahan lama dan kuat terhadap air. Maka tak aneh beberapa pebisnis pun mulai menggunakan bahan plastik dalam alat-alat rumah tangga termasuk jas hujan, payung dll.


Oke sobat mari kita mencoba memulainya.

Bagaimana Memulai Bisnis Plastik kemasan? Langkah-langkah dalam mengawali bisnis plastik pada dasarnya kemasan hampir sama dengan bisnis pada umumnya yakni sebagai berikut.

1.    Kejelian

Kejelian adalah modal utama dalam bisnis ini. Misalnya di sebuah kawasan dekat perumahan banyak berdiri berbagai tukang dagang dari dagangan makanan, mainan, minuman sampai  toko bangunan. Kalau sobat ikut dalam persaingan  tentu akan sangat susah bersaing, apalagi kita tidak punya modal yang kuat. Maka taka ada salahnya menjadi mitra mereka yakni menyediakan berbagai keperluan kemasan untuk mereka, yakni plastik kemasan. Ada dua keuntungan: pertama produk sobat akan dibeli oleh para pedagang, kedua produk sobat dibeli juga oleh masyarakat luas. Hal inilah yang harus menjadi kejelian sobat.

2.    Modal

Rasanya taka ada usaha yang benar-benar gratis (tanpa modal), termasuk dalam bidang plastik. Persiapkan modal secukupnya, baik itu materi maupun mental. Modal besar tentu resikonya besar, begitupun sebaliknya. Untuk awal-awal diusahakan jangan terlalu banyak barang yang kita sediakan tetapi penyediaan barang lebih diutamakan yang paling banyak dibutuhkan agar resiko yang akan diterima tidak terlalu besar juga, jika suatau saat bisnis kita tak berjalan. Sekecil apapun tingkat resiko harus kita minimalisir

3.    Lokasi

Telah dijelaskan sebelumnya kejelian tentu ada kaitannya dengan lokasi. Pilihlah lokasi yang strategis seperti alur lalulintas kendaraan, toko kita terlihat oleh masyarakat luas, ada papan reklame,dan lain-lain harus menjadi perhatian sobat.

4.    Link Distributor

Dapatkan daftar distributor plastik kemasan yang banyak agar kita bisa dipilih dengan harga yang kompetitip. Jika ada kesempatan hubungi langsung importirnya, karena kebanyakan plastik kemasan didatangkan dari China. Beberapa kawasan yang sering dijadikan referensi terutama di kawasan Cibadak Bandung atau kawasan Pasar Pagi Jakarta. Kalau sobat ingin lebih pasti sobat bisa googling terlebih dahulu, kemudian telpon no yang bisa dihubungi untuk bertanya lebih lanjut. Semakin banyak daftar link distributor, semakin baik bagi perkembangan usaha.

5.    Promosi

Langkah yang terakhir ya jualan sambil promosi, ke berbagai media. Penjualan untuk offline adalah penjualan yang utama, tetapi sobat juga harus bisa melebarkan sayap melalui berbagai pintu seperti media online dan lain-lain. Lakukan kerjasama dengan beberapa pihak yang memungkinkan seperti kepada pihak penyedia catering, toko makanan, warung nasi, dan lain-lain. Jangan lupa berikan diskon yang menarik agar mereka menjadi pelanggan kita

Oke sobat semoga artikel ini bermanfaat. Mungkin dicukupkan sekian dulu bahasan kali ini. Sobat juga bisa mencari inspirasi binis lainnya di website ini. Salam semangat bibisnis…..

No comments:

Post a Comment