Fenomena Batu Akik, Bukti Berputarnya Roda zaman

fenomena batu akik
Penjual Batu akik # sumber: bibisnis.com
Fenomena Batu Akik, Bukti Berputarnya Roda zaman---  Mungkin benar, kata orang “Roda zaman itu berputar”.  Tak ada yang tahu sesuatu yang akan terjadi jika batu akik kini menjadi primadona. Dahulu, siapa yang mau mengenakan batu akik? Dahulu hanya orang tua, dan mungkin (maaf) dukun yang cenderung dipersepsikan dengan batu akik. Tapi kini, dalam kurun waktu yang singkat, pecinta batu akik tumbuh subur di negeri ini.  

Itulah fenomena batu akik yang saat ini sedang terjadi. Banyak cerita di berbagai media mengenai hal akan limpahan rezeki karena nge-trend-nya batu akik. Seorang pedagang koleksi batu akik yang awalnya sepi peminat, mendadak jati jutawan karena kini batu akiknya diserbu pembeli, harganya pun menjadi fantastis. Ada orang yang menemukan bongkahan batu akik berpuluh-puluh kilogram dan tentunya menjadi pembicaraan dimana-mana. Dari yang muda sampai tua; dari pengangguran sampai polisi; dari mulai anak kecil sampai selebriti semuanya demam batu akik. Batu akik kini menjadi barang yang sangat berharga bahkan sebuah batu akik bisa dihargai sampai ratusan juta rupiah. Itulah sekelumit dari cerita seputar batu akik

Aneh memang, entah siapa yang menggerakkan hati setiap orang sehingga tiba-tiba saja orang menjadi suka dengan batu akik. Siapa yang menggerakkan hobi secara masal, hanya tuhan yang tahu.  Batu akik menjadi ladang bisnis yang “menggila”. Saking berharganya, banyak orang yang mencari batu akik sampai ke gunung-gunung, ke goa, bahkan sebuah nisan pun menjadi sasaran dari pecinta batu akik. 

 Jika dilihat dari sudut bisnis, selalu ada pertanyaan Mengapa Harga Batu Akik bisa Fantastis? Menurut penjual batu akik dalam acara pestival di Kopo, Bandung menyatakan bahwa batu akik bisa menjadi fantastis karena berbagai hal, selain menarik dan langka,  batu akik juga menjadi diburu karena memang hobi. Seorang penghobi jenis batu akik tertentu jika ia menemukan apa yang ia cari, berapa pun harga yang dipasang niscaya akan dibeli. Kata orang asal hatinya dapat, maka segalanya akan diserahkan termasuk urusan dompet.

Secara umum tidak ada patokan harga yang bisa ditentukan, dari satu pedagang ke pedagang yang lainnya. Dari pedagang di suatu daerah, pasti akan berbeda dengan pedagang batu akik di daerah lain. Harga biasanya tergantung dari situasi dan kondisi. Maka disinilah hukum “kepintaran” dalam memilih berlaku. Siapa yang mengetahui nilai yang terkandung dalam batu akik, niscaya mereka tak akan tertipu. 

Masyarakat kini tengah menikmati sebuah fenomena yang luar biasa, dan mudah-mudahan dari kondisi ini, batu akik menjadi penggerak roda perekonomian yang tengah melesu. Batu akik menjadi solusi alternative di tengah banyaknya PKH masal dari berbagai perusahaan. Semangat dari Batu akik mudah-mudahan semangat orang untuk berwirausaha secara mandiri.

No comments:

Post a Comment