Bisnis khas Bulan Ramadhan yang Pasti Menguntungkan

Hallo bibisnis…

Bisnis khas Bulan Ramadhan yang pasti Menguntungkan—Bulan Ramadhan adalah bulan yang membawa kebaikan dan keberkahan yang tak terhingga. Mengapa? Karena di bulan Ramadhan amal kita akan dilipatgandakan. Nah bagaimana dengan bisnis sobat di bulan Ramadhan? Apakah Bulan Ramadhan cocok untuk melakukan bisnis?

Jawabannya tentu, dan saya yakin dan pasti di Bulan Ramadhan bisnis kita akan menguntungkan, asal kita tahu dan dapat menangkap peluang yang ada. Ada banyak peluang dari berbagai kebutuhan yang selalu dibutuhkan saat di bulan Ramadhan, baik makanan, pakaian, jasa, dan lain-lain. Intinya mari kita bersemangat untuk berbisnis karena bulan Ramadhan adalah saatnya kita mendapatkan keuntungan: kita berpuasa sambil berbisnis, dapat untung dapat pahala pula. Sedap bukan…

Bisnis di bulan Ramadhan termasuk binis musiman, ada baiknya juga kita mengutamakan beberapa bisnis khas Ramadhan sehingga bisnis kita benar-benar pasti menguntungkan. Oke, berikut bibisnis berikan peluang bisnis yang bisa sobat jadikan inspirasi untuk dijalankan.

1.    Bisnis Makanan Khas Ramadhan

Ramadhan identik dengan shaum atau puasa. Tapi tidak berarti, tidak ada peluang untuk menjual makanan. Justru di Bulan Ramadhan permintaan kebutuhan semakin meningkat terutama saat sahur dan buku puasa. Sobat bisa mencoba untuk menjual makanan khas bulan Ramadhan.

a.    Kurma

Kurma adalah makanan sunnah Rasul yang biasa selalu hadir saat bulan Ramadhan. Makanan ini selalu diburu selain manis, enak juga menyehatkan. Makanan ini juga memberikan pahala karena sunnah Rasul. Untuk itu, kita dapat mengambil peluang bisnis dengan berjualan kurma. Diusahakan kurma yang kita jual adalah kurma yang berkualitas, tujuannya untuk meningkatkan kepercayaan pembeli.

b.    Kolak

Kolak adalah hidangan yang terbuat dari gula aren yang dicampur dengan pisang dan beberapa olahan seperti sekoteng, koalang-kaling dll. Makanan ini juga menjadi pavorit saat buka puasa. Kolak termasuk makanan yang mudah diolah, sehingga bagi sobat yang ingin mendapatkan uang tambahan, silakan mencoba untuk berbisnis makanan ini. 

c.    Manisan

Ada berbagi jenis manisan yang bisa sobat jual saat menjelang bulan Ramadhan. Bebebrapa diantaranya seperti manisan jeruk, kolang-kaling, pepaya, mangga dan lain-lain. Manisan bahkan seringkali berumur cukup panjang karena banyak dipersiapkan juga sebagai sajian saat lebaran tiba.

d.    Kolangkaling

Kolangkaling tentu tak aneh lagi bagi kaum muslimin. Makanan ini menjadi primadona terutama di bulan Ramadhan. Kolang kaling termasuk olahan yang sering dibuat kolak, manisan dan lain-lain. Maka menjual kolangkaling menjadi bisnis yang sangat menggiurkan. Sobat tinggal mencari petani yang mengolah kolang kaling langsung dari pohon aren, sehingga akan mendapatkan margin yang cukup besar.

e.    Ketupat

Ketupat umumnya tiba-tiba menjadi primadona terutama menjelang detik-detik hari raya lebaran. Umumnya masyarakat membuat ketupat dan sayur opor ayam untuk dimakan bersama keluarga besar. 

2.    Pakaian khas Ramadhan

Selain makan, pada bulan Ramadhan, pakaian juga menjadi ramai diserbu pembeli. Beberapa pakaian khas yang biasa diperjualbelikan saat lebaran adalan sebagai berikut.

a.    Baju koko

Baju koko merupakan pakaian muslim khas pria. Beberapa produsen yang terkenal memasok pakaian koko misalnya pakaian koko dengan renda yang dibuat khas masyarakat Tasikmalaya, seperti di daerah Kawalu. Dari daerah tersebut banyak memasok ke daerah Tanah Abang, Jakarta. Jika sobat bisa mendapatkan vendornya maka bisnis menjadi cukup menggiurkan.

b.    Baju gamis

Baju gamis seringkali digunakan untuk pakaian wanita muslim dan tentunya menjadi primadona untuk kaum hawa (tau sendiri lah cewek he…). Menjelang Ramadhan biasanya toko-toko dan pasar-pasar seperti Pasar Baru, Bandung dan Tanah Abang menjadi primdona untuk berburu baju gamis. Nah Sobat bisa mengambil peluang ini dengan cara mencari vendor dari pakaian gamis ini. Selanjutnya sobat bisa langsung memasarkannya baik secara langsung ataupun via online. Jika sobat berhasil mencari vendor yang memberikan harga murah, ini tentu akan menjadi keuntungan tersendiri.

c.    Sarung

Selain baju, sarung juga mendadak primadona menjelang Ramadhan. Kita yakin jika beribadah dengan pakaian yang pantas, bersih maka akan meningkatkan ibadah kita. Maka disitulah orang-orang selalu ingin menganti sarung yang sudah lapuk dengan sarung yang baru, maka ini adalah alternative bagi sobat yang ingin mencoba bisnis sarung.

3.    Kue dan minuman Khas Ramadhan

Jika sobat yang punya kemampuan untuk membuat panganan kue. Maka saat menjelang Ramadhan pergunakan kemampuan sobat menjadi bahan bisnis. Binis kue sudah terbukti berhasil mendapatkan pundi-pundi uang kita bertambah. Bisnis ini jelas sangat dan pasti menguntungkan. Beberapa kue yang sering dibuat di bulan Ramadhan seperti kue tar, bolu, lapis legit. Sobat juga bisa memadukannya dengan minuman seperti sirup atau dijadikan paket parsel. Bahkan beberapa toko sempat kewalahan menyediakan parcel karena pesanan yang membeludak.

4.    Tiket Mudik

Tiket mudik selalu diburu bagi kaum urban yang ingin melaksanakan lebaran di kampungnya. Menjelang Ramadhan harga tiket tentu menjadi melambung hingga beberapa kali lipat bahkan bisa-bisa kehabisan. Hampir semua transportasi baik bis, kereta api, kapal laut, maupun pesawat terbang menjelang bulan Ramadhan habis diborong pembeli. Nah peluang sobat adalah dengan memesan jauh-jauh hari sebelum datangnya bulan Ramadhan dengan begitu kita dapat mendapatkan margin yang menggiurkan saat dijual kembali saat bulan Ramadhan

5.    Penyewaan Mobil Rental

Selain tiket, rental mobil juga menjadi alternative bagi sobat yang ingin mencari tambahan di Bulan Ramadhan ini. Rental mobil sangat diburu terutama bagi masyarakat yang telah berkeluarga. Karena mobil pribadi tentu lebih nyaman daripada menumpang di bis umum dalam suasana macet. Kenyamanan inilah yang menjadikan sebagian masyarakat lebih memilih rental mobil. Jika sobat punya dana lebih dan mobil lebih dengan kondisi oke, ada baiknya sobat memperhitungkan bisni ini.

6.    Penyedia Asisten Rumah Tangga

Asisten rumah tangga mendadak menjadi primadona terutama saat menjelang lebaran. Kekhawatiran orang akan pengurusan rumah saat mudik menjadikan orang menyewa asisten rumah tangga. Jika anda punya kenalan untuk mendatangkan para asisten rumahtangga maka ini bisa menjadi bisnis pula. Namun perlu diingat asisten rumah tangga diharuskan mempunyai kemampuan yang baik, tanggung jawab, dapat dipercaya, sehingga tidak merugikan dikemudian hari.

Sebenarnya masih ada peluang bisnis yang lainnya seperti penjualan kembang api, mercon dll. Namun bisnis itu sering kali bermasalah di masyarakat, maka bibisnis tidak menyertakan referenis binis itu. 

Itulah referensi bisnis musiman di bulan Ramadhan yang menurut bibinis pasti menguntungkan. Selamat mencoba semoga bisnis kita semakin maju…..

No comments:

Post a Comment