Bisnis Ibu Rumah Tangga, Modal Kecil Menguntungkan

Halo bibisnis…
Bisnis Rumahan Ibu Rumah Tangga, Modal Kecil Menguntungkan -- Kenaikan BBM dan situasi yang tak menentu memang terasa sangat berat sekali. Harga-harga mulai tak terkendali, sedangkan nilai mata uang semakin tak berarti. Para ibu rumah tangga pastinya sangat pusing, apalagi sang suami.


Kondisi ini menyebabkan tidak hanya suami yang harus bekerja lebih ekstra, para ibu rumah tangga pun kini mulai “menyingsingkan lengan baju” bahu membahu membantu perekonomian keluarga. Namun kadangkala benturan dengan mengurus rumah tangga menjadikan ibu rumah tangga harus bisa memilih bisnis yang lebih efisien, yakni, modal yang kecil, mendatangkan keuntungan dan tidak menyita waktu. 

Jika demikian, maka pilihannya adalah dengan cara melakukan bisnis rumahan dengan modal kecil, menguntungkan tetapi tidak mengganggu aktivitas sebagai kodratnya seorang ibu rumah tangga. Dengan demikian, si kecil tetap akan tersenyum ceria karena sang bunda selalu ada dipelukannya menemani bermain, mengerjakan PR dll. Suami juga tidak khawatir karena tugas dan wewenang dari suatu kelauarga tetap terjaga dengan baik.  

Jika kita teliti, sebenarnya ada berbagai bidang usaha yang bisa memenuhi kriteria yang dibutuhkan para ibu rumah tangga itu. Apa sajakah itu? Berikut beberapa alternatif bisnis yang bisa dijadikan inspirasi dan dicoba, tentunya sebagaimana sifat bisnis, harus menguntungkan.


1.    Bisnis Jasa

Bisnis jasa merupakan bisnis yang sangat cocok untuk para ibu rumah tangga. Karena bisnis ini tidak memerlukan modal yang besar dan bisa dikerjakan di rumah. Bahkan tak jarang karena dari usaha jasa ini banyak ibu rumah tangga yang menjadi  jutawan karena royaltinya.

a.    Menulis artikel

Kebutuhan artikel di zaman online ini sedang dalam situasi yang sangat urgen. Lihatlah hampir semua perusahaan baik media, perusahaan umum, maupun perusahaan kecil memerlukan artikel. Artikel ibarat bensin yang bisa melajukan perusahaan, promosi dan ketenaran dari suatu brand banyak didorong oleh para penulis artikel yang handal. Jika sobat sudah terbiasa menulis artikel, maka selamat! Sobat adalah salah satu mutiara yang saat ini sedang diburu oleh para pengusaha. 

Lalu bagaimana menawarkan  keahlian sobat? Sobat bisa memulainya dengan membuat blog portfolio biografi sobat beserta beberapa contoh artikel yang sekiranya dijadikan sebagai  “jagoan”. Setelah itu, sobat bisa tawarkan ke berbagai media atau perusahaan untuk menjadi penulis tetap. Saat ini sangat mudah mengirim pesan (email) masal dengan menyertakan link tautan blog kita sebagai contoh tulisan. Dengan begitu sobat tinggal duduk manis yang nantinya perusahaan akan menghubungi sobat.


Cata lain yaitu dengan mengirimkan tulisan sobat ke media sebagai penulis lepas. Prinsifnya sama dengan menulis ke media offline, bila nanti diterbitakan maka akan mendapatkan honor.


b.    Menulis cerita anak

Menulis cerita anak sangat direkomendasikan untuk ibu rumah tangga sebagai bisnis kecil rumahan yang menjanjikan. Ada berbagai keuntungan dari menulis cerita anak. Pertama, cerita itu tentu menjadi bahan juga untuk diceritakan kepada anak kita (istilahnya menulis sambil mengasuh si kecil, asyik kan). Kemudian cerita itu dibundel menjadi kumpulan buku anak, sobat bisa kirimkan naskah tersebut ke beberapa penerbit yang khusus menerbitkan cerita anak. Dan jika berhasil, maka dijamin sobat akan menjadi salah satu penulis yang diburu penerbit dan pastinya sobat akan menjadi super sibuk yang tetap berada di rumah bersama si buah hati. 


2.    Bisnis Kerajinan dan souvenir

Bisnis kerajinan termasuk bisnis yang menjanjikan bagi para ibu rumah tangga. Banyak sekali kerajinan yang hanya memerlukan modal kecil, tapi menguntungkan dan masih bisa dilakukan  di rumah seperti kerajinan berikut.


a.    Bros dan planel

Anak perempuan dan remaja sangat suka akan keindahan. Mereka selalu berusaha tampil cantik dan kece. Biasanya mereka sering nenambahkan ornament dalam pakaiannya, salah satunya bros. Kerajinan membuat bros dari kain planel tidak begitu sulit, dan tidak terlalu mahal. Modalnya adalah kemauan, selanjutnya pita-pita, kain planel, kancing, bola kaput dan lem tembak. Itu semua tak sampai Rp 200 ribu. Dengan modal tersebut sobat bisa berkreasi misalnya membentuk bunga, binatang lucu, tokoh kartun dan lain-lain. Bros tersebut bisa sobat jual melalui online, BBM, Facebook atau jajakan titip ke toko mainan.

bros planel
Bros Planel # sumber: bibisnis.com


b.    Pin

Pin bisa dijual secara mandiri bisa juga dijual kepada kumpulan orang seperti sekolah, klub belajar, klub outbond, dan kegiatan lainnya. Membuat pin sangat gampang. Jika sobat menguasai photoshop, tinggal berkreasi dan kasihkan ke tukang pin. Dalam sekejap pin pesanan akan selesai dan sobat tinggal mendapatkan marginnya.


c.    Celengan Lucu

Celengan lucu bisa bisa dibuat dengan modal yang sangat-sangat minim. Sebab bahannya bisa menggunakan barang limbah. Sebagai ibu rumah tangga tentu  sering membeli susu untuk si kecil, nah kaleng-kaleng tersebut bisa disulap menjadi celengan yang menarik terutama bagi anak-anak. Lukislah kaleng tersebut hingga menjadi celengan yang menarik, tambah kata-kata manis atau penyemangat agar anak rajin menabung, dsb. Selanjutnya tinggal dipasarkan dijamin laris manis.


3.    Pakaian

Banyak perusahaan yang saat ini memerlukan pemasaran untuk menjual produk.  Produk yang sering dibutuhkan di masyarakat selain makanan adalah pakaian seperti  baju, celana, sepatu, jas, dan lain-lain. Sobat bisa mengambil celah itu sebagai seorang reseller. Namun diusahakan pilihlah produk yang itu lagi diperlukan atau menjadi tren. Bisnis pakaian cenderung mengikuti fashion yang lagi bumming seperti  pakaian korea, pakaian distro anak muda, busana santai dan lain-lain.  Jika perlu, sobat juga bisa membuat website sendiri tapi tetap sebagai reseller, dengan begitu modal tetap ringan, sobat juga bisa mengumpulkan berbagai macam merek dan model pakaian dan toko onlinenya akan seperti mempunyai memiliki modal besar tetapi tetap ramai.


4.    Kosmetik

Sebagai seorang ibu rumah tangga tentunya tahu kan kebutuhan akan kosmetik. Selogan “ingin terlihat cantik” adalah modal untuk mendalami bisnis ini. Bisnis ini memang sangat menjanjikan, bahkan dari obrolan ringan pun kita dapat mengarahkan agar ujung-ujungnya membeli produk kita. Kosmetik seringkali dijadikan prestise atau harga diri dari seorang perempuan. Maka bisnis ini dipercaya tak akan mati selama kaum hawa menginginkan ada nilai “cantik” dalan dirinya.


5.    Adsense

Mungkin agak terdengar aneh bagi ibu-ibu apa itu adsense. Adsense adalah bisnis online dengan berafiliasi dengan google untuk menampilkan iklan dari google. Jadi kita membuat website selanjutnya memohon kepada google untuk menjadi partner dalam iklannya. Banyak sekali orang yang telah berhasil di bidang ini, bahkan hanya dari seorang blogger. Apa kuncinya? Menulis artikel yang berkulitas dan mengetahui sedikit tentang cara SEO. Ada banyak tutorial di internet sebagai panduan untuk mengikuti program ini. Modalnya sangat kecil, hanya sebuah laptop si ayah dan koneksi internet (hehe) sobat tinggal menulis artikel dan mempublisnya.  Jika proposal sobat di-ACC oleh google, maka selamat!  Dollar akan mengalir ke saku anda setiap saat.

Namun tetap dalam bisnis ini diperlukan kemauan dan kesabaran karena sobat akan bersaing dengan para penulis artikel yang lainnya.

Demikian bisnis rumahan ibu rumah tangga yang menurut bibisnis akan menuntungkan. Jika sobat telaten, maka keberuntungan akan menghampiri kita. Apapun itu, pekerjaan harus dilakukan dengan serius, tanggung jawab, ulet dan tangguh.

No comments:

Post a Comment