Belajar Bisnis Adsense bagi Pemula

Halo bibisnis…

Belajar Bisnis Adsense bagi Pemula--  Pernah mendengar tentang adsense? Bisnis adsense dari waktu ke waktu mengalami perkembangan, hal ini dikarenakan bisnis ini merupakan perpaduan hobi dan bisnis. Orang yang sering menjelajahi internet atau browsing mungkin kata “adsense” sudah tidak asing lagi. Tapi bagi sebagian orang atau pemula, belajar bisnis adsense termasuk hal yang baru. Adsense sangat digemari karena bisnis ini benar-benar menghasilkan uang, bahkan beberapa pebisnis adsense yang sukses, penghasilannya dapat mengalahkan para bos perusahaan. Apakah itu halal? Saya yakin 100 persen halallan toyyiban he…. Mengapa? Karena pada prinsipnya adsense sama dengan jasa, yaitu jasa untuk menayangkan iklan orang lain di website kita. Nah udah mulai ngerti kan ;)

Baiklah, supaya lebih memahami marilah kita kenali dan belajar bisnis adsense bagi pemula ini siapa tahu membuat anda tertarik dan bermanfaat. Tulisan ini hanya diperuntukan bagi pemula, untuk para master adsense,  anda bisa mengklose artikel ini. Tapi tidak ada salahnya juga untuk sharing ilmu siapa tahu artikel ini bermanfaat. Ayo kita lanjutkan! (semangat sambil ngopi)

Apa itu Adsense?

Adsense adalah istilah dalam dunia internet sebagai bisnis periklanan dimana kita menyediakan iklan untuk orang lain. Sebagai ilustrasi: Dalam kehidupan nyata, kita tentu mengenal media cetak koran. Saat kita membacanya seringkali kita menemukan iklan kan? Website kita diibaratkan sebagai Koran, dan orang lain (biasanya google sebagai pengiklan/orang yang mau naro iklan di website kita). Dengan beriklan di website kita, maka pengiklan akan mendapatkan keutangan yakni produknya akan dibeli atau dikenal oleh orang lain. Dan kita pun tentu akan mendapat keuntungan berupa komisi dari periklanan tersebut.

Seberapa Besar Keuntungan yang Didapat?

Jawabannya adalah ter-gan-tung. Ada yang menghasilkan sampai ratusan juta rupiah, ada juga yang tidak menghasilkan sama sekali. Lho kok gak menghasilkan? Sebagaimana sifat dari suatu usaha, bisnis adsense pun sama dengan konsep bisnis pada umumnya. Jika produk kita laku ya mendapatkan untung. Namun apabila sepi pembeli, ya rugi.

Perlu diingat, bahwa siapapun itu, gak akan ada yang mau melakukan bisnis dengan pihak yang tidak menguntungkan, begitu pun dengan adsense. Pastinya gak ada yang mau naro iklan dan membayar sejumlah uang jika website atau blog kita sepi pengunjung. Untuk itu, jika kita ingin mendapatkan uang dengan bisnis adsense maka website atau blog kita harus ramai pengunjung.

Apa syarat untuk ikut adsense adalah?

a.    Harus mempunyai emai
b.    Mempunya blog atau website
c.    Koneksi internet
d.    Laptop

Bagaimana agar website atau blog kita ramai pengunjung?

Menulis artikel yang berkualitas dan unik. Adsese merupakan bisnis yang erat kaitannya dengan informasi, bisa disebut jualan informasi. Jika informasi kita bagus, menarik dan original tentu akan membuat orang tertarik untuk membacanya.

Giman cara nulisnya agar menarik? Seorang bloger (sebutan yang hobi nulis di blog) adalah seorang penulis handal yang mempu menyajikan informasi yang menarik. Dia juga sekaligus seorang master dalam bisang SEO (search Engine Optimation) atau kata orang kampung (pintar dalam mengoptimalkan web kita di search engine/mesin pencari seperti google, altavista, dll). Dengan begitu saat orang mengetikkan atau mencari artikel di google, artikel kita lah yang paling pertama muncul.

Seorang bloger adalah seorang penulis, maka untuk menjadi seorang penulis ia harus rajin membaca agar kekayaan intelektual kita bertambah. Karena bagaimana kita bisa menulis jika tidak punya bahan-bahan untuk dituangkan ke dalam tulisan.

Apakah cukup dengan satu artikel? Tidak mungkin, kata “ramai pengunjung” berarti banyak orang yang mencari informasi di website kita. Kalau ingin ramai ya buatlah artikel sebanyak mungkin, supaya kita dapat menyediakan setiap informasi yang dibutuhkan oleh pengunjung. Jadi tulislah sebanyak mungkin artikel yang berkualitas dan original. Bagaiman jika copas/ copy paste? Wah dijamin bisnis anda akan hancur seketika. Anda akan berhadapan dengan om google yang jeniusnya bukan kepalang. Satu kali anda kopy paste, maka website anda akan ditendang dari mesin pencari. Saat itulah bisnis anda akan habis tak berbekas. Perlu diingat bahwa google sangat menghargai hak cipta dari seseorang. Jadi jangan sekali-kali yang namanya copas atau ngebajak, karena itu akan menyengsarakan diri sendiri.

Selain dari kualitas dan jumlah artikel, hal yang menyebabkan website atau blog kita ramai pengunjung adalah dengan membuat backling. Apaitu backlink? Backlink adalah link yang mengacu kepada website kita. Ilustrasinya seperti ini: Jika ada mengkopi alamat website kita misalnya di facebook, maka orang kemungkinan akan tahu kan website kita, ada kemungkinan mereka mengklik alamat website kita. Dengan begitu orang akan menjadi tahu akan website kita atau artikel kita. Intinya adalah backlingk itu memberitahukan kepada orang lain dengan menyematkan atau menaruh link kita di web orang lain. Semakin banyak backlink maka semakin mempengaruhi kekuatan artikel kita di search engine.

Dimana cara cek website kita ramai atau sepi pengunjung?

Ada banyak situs dan skrif yang menyediakan kemudahan untuk mengecek apakah website atau internet kita ramai atau sepi pengunjung. Beberapa diantaranya adalah google analytic, histats.com dan lain-lain. Untuk informasi dan caranya snda tinggal ketik saja di google pasti banyak tutorialnya.

Apa yang harus dilakukan jika Website kita telah Ramai?


Jika bebsite kita telah ramai, maka sebagai pebisnis kita harus berlega hati, karena kemungkinan dolar menghampiri ke rumah kita mungkin tak lama lagi. Jika Website anda telah ramai, maka sebaiknya segera daftarkan diri ke google adsense. Layanan ini biasanya terintegrasi dengan blog kita. Di bagian dashboar ada kolom penghasilan (jika gak ada) ubahlah bahasanya dengan bahasa Inggris terlebih dahulu. Kemudian ikuti petunjuknya, isi form yang harus diisi sebenar-benarnya sesuai dengan KTP anda. Tunggu beberapa hari, jika website anda diterima sebagai adsense maka, selamat!  Anda memasuki gerbang adsense dan bersiap untuk mengoptimalkan penghasilan anda dari dunia adsense. Namun jika sebaliknya, anda ditolak oleh google, maka jangan berkecil hati. Pelajari kekurangan website anda dan ikuti kebijakan google. Jika sudah diperbaiki coba kirim permintaan menjadi mitra goog kembali.

Itulah sobat cara berbisnis dengan adsense. Intinya semuanya harus dikerjakan dengan sungguh-sungguh dan pantang menyerah. Karena berbisnis tanpa pengorbanan itu tidaklah mungkin…. Intinya adalah persiapkan diri untuk selalu membuka diri terhadap segala perubahan, sepanjang perubahan itu membawa kita pada hal positif.

No comments:

Post a Comment